cover
Contact Name
Nyoman Pasek Nugraha
Contact Email
paseknugraha@gmail.com
Phone
+6281999131789
Journal Mail Official
paseknugraha@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha
ISSN : 26141876     EISSN : 26141884     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jjtm.v7i1.18616
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran teknik. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan teknik mesin bagi masyarakat akademik. Jurnal ini terbit 3 kali setahun.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2021)" : 8 Documents clear
Pengaruh Penambahan Zat Aditif Pada Campuran Bahan Bakar Bensin – Bioethanol Terhadap Specific Fuel Consumption Monasari, Ratna; Firdaus, Ahmad Hanif; Qosim, Nanang
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptm.v9i1.31797

Abstract

Pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan sumber energi tak terbarukan dari minyak bumi, batu bara, maupun gas alam. Dengan jumlah energi tak terbarukan yang terbatas mendorong untuk mengembangkan penggunaan bahan bakar alternatif. Saat ini bioetanol merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang sedang dikembangkan sebagai pengganti maupun campuran bahan bakar bensin, yang dikenal sebagai etanol anhidrat yang memiliki konsentrasi diatas 96%. Campuran bioetanol memberikan pengaruh terhadap peningkatan bilangan oktan dan mampu mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan. Untuk mendapatkan efek yang lebih optimal dalam konsumsi bahan bakar zat aditif seperti oxygenated cyclohexanol ditambahkan pada campuran bahan bakar. Studi dilakukan pada perbandingan bahan bakar E5 sampai E15 dengan penggunaan aditif tersebut. Pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan pada mesin satu silinder spark ignition dengan posisi bukaan throttle 100%. Terdapat sensor pada bagian tanki bahan bakar untuk menghitung specific fuel consumption (SFC) dengan variasi kecepatan mesin. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penambahan zat aditif pada campuran bahan bakar terhadap konsumsi bahan bakar.Kata kunci: bensin; bioetanol; emisi gas buang; zat aditif.The use of renewable energy in Indonesia is still low compared to non-renewable energy sources from petroleum, coal, and natural gas. The limited amount of non-renewable energy encourages developing the use of alternative fuels. Currently, bioethanol is an alternative fuel that is being developed as a substitute or mixture of gasoline fuel, known as anhydrous ethanol which has a concentration above 96%. The bioethanol mixture has an effect on increasing the octane number and is able to reduce the resulting exhaust gas emissions. To get a more optimal effect on fuel consumption, additives such as oxygenated cyclohexanol are added to the fuel mixture. Studies were carried out on the comparison of fuel E5 to E15 with the use of these additives. The fuel consumption test was carried out on a single-cylinder spark-ignition engine with a 100% throttle opening position. There is a sensor on the fuel tank to calculate the specific fuel consumption (SFC) with variations in engine speed. This study aims to determine the effect of adding additives to the fuel mixture on fuel consumption.Keywords : fuel; bioethanol; exhaust gas emissions; additives. DAFTAR RUJUKANAbikusna, S., Sugiarto, B., & Suntoro D. (2017). Low Grade Bioethanol for Fuel Mixing on Gasoline Engine Using Distillation Process. in AIP Conference Proceedings. AIP Publishing.Abikusna, S. (2018). The Effect of Additive on Combustion Characteristics and Cycle to Cycle Variations on SI Engine Fueled by Gasoline and Bioethanol, Technology organic and inorganic substances. P. 27-37. Doi: 10.15587/1729-4061.2018.147585Abikusna, S., B. Sugiarto, & Zulfan, A. (2017). Fuel consumption and emission on fuel mixer low-grade bioethanol fuelled motorcycle. in MATEC Web of Conferences. EDP Sciences.Costa, R. C., &  Sodré, J.R.  (2011). Compression ratio effects on an ethanol/gasoline fuelled engine performance. Applied Thermal Engineering, 31(2): p. 278-283.de Melo, T.C.C., et al., 2012. Hydrous ethanol–gasoline blends–Combustion and emission investigations on a Flex-Fuel engine. Fuel, 97: p. 796-804.Costa, R.C. & Sodré, J.R. (2009) . Hydrous Ethanol Vs. Gasoline-Ethanol Blend: Engine Performance and Emissions. International Journal of FuelGao, J. D. J., &  Huang, Z. (2007). Spray Properties of Alternative Fuels: A Comparative Analysis of Ethanol–Gasoline Blends and Gasoline. Fuel. 86(10): p. 1645-1650.Keith, O., & Trevor, C. (1995). Automotive fuels reference book. Society of Automotive Engineers, Inc. Warrendale,  p. 487.Gholamhassan, N. B. G., Yusaf, T. Safieddin, S. M., & Ardebili, R.M. (2015). Optimization of performance and exhaust emission parameters of a SI (spark ignition) engine with gasoline-ethanol blended fuels using response surface methodology. Elsevier, energy xxx: p. 15.Jang, S. H., & Choi, J. H. (2016). Comparison of fuel consumption and emission characteristics of various marine heavy fuel additives. Applied Energy, 179, 36–44. https://doi.org/10.1016/j.apenergy.2016.06.122Monasari, R., Abikusna, S., Sugiarto, B., & Ajiseno, B. (2018). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science Analysis of emission gas and fuel consumption on SI engine fueled with low-grade bioethanol and oxygenated cycloheptanol additive Analysis of emission gas and fuel consumption on SI engine fueled with low-grade bioethanol and oxygenated cycloheptanol additive. 105, 12058. https://doi.org/10.1088/1755-1315/105/1/012058Srinivasan, C. A., &  Saravanan, C. (2010). Study of Combustion Characteristics of an SI Engine Fuelled with Ethanol and Oxygenated Fuel Additives. Journal of Sustainable Energy & Environment. 1(2): p. 85-91.Sugiarto, B. (2002) Motor Pembakaran Dalam. Jakarta: Universitas Indonesia. ISBN 979- 97726-7-2.Thangavelu, S. K., Ahmed, A. S., & Ani, F. N. (2016). Review on Bioethanol as Alternative Fuel for Spark Ignition Engines. Renewable and Sustainable Energy Reviews. 56: p. 820-835Zhao, L., Wang, X., Wang, D., & Su, X. (2020). Investigation of the effects of lean mixtures on combustion and particulate emissions in a DISI engine fueled with bioethanol-gasoline blends. Fuel, 260, 116096. https://doi.org/10.1016/j.fuel.2019.116096
Analisis dan Optimalisasi Aliran Fluida pada Prototype Kendaraan Ganesha Surface Water dengan Menggunakan Software Solidworks Sastrawan, Dewa Gede Oka; Elisa, Edi; Dantes, Kadek Rihendra
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptm.v9i1.33122

Abstract

Aerodinamika adalah aspek yang memperhitungkan gaya yang disebabkan oleh aliran fluida yang ditunjukan dengan nilai (Coeficient Of Drag) hal ini akan berpengaruh pada optimalisasi kinerja dan konsumsi energi yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memodifikasi desain standar Ganesha Surface Water sehingga diperoleh desain yang memiliki nilai Coeficient Of Drag minimum. Untuk mengetahui nilai Coeficient Of Drag diperlukannya sebuah simulasi analisis aliran fluida, salah satunya adalah menggunakan software Solidwork, software Solidworks dikenal dengan software yang memiliki kecepatan dan ketepatan dalam menganalisis. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian R2D2. Setelah dilakukannya proses simulasi analisis aliran fluida diketahui bahwa desain hasil modifikasi kendaraan Ganesha Surface Water memiliki nilai Coeficient Of Drag 0,038 (28%) lebih rendah dibandingkan dengan desain kendaraan standar, sedangkan pada desain hasil modifikasi cadik kendaraan Ganesha Surface Water memiliki nilai Coeficient Of Drag 0,139 (38%) lebih rendah dibandingkan dengan desain cadik standar. Melalui penilaian ahli, desain modifikasi Ganesha Surface Water telah mendapat persentase nilai 86% dengan kualifikasi layak.Kata Kunci: aerodinamika; coeficient of drag; ganesha surface water; sofware solidworks.Aerodynamic aspects take into account the drag caused by fluid flow, which is indicated by the value (Coefficient of Drag). It will affect the optimization of performance and energy consumption used. This research aims to modify the standard design of Ganesha Surface Water to obtain a design that has a value Coefficient of Drag minimum. In order to find out the value of the Coefficient of Drag, a fluid flow analysis simulation is needed, one of which is using Solidworks software. Solidworks software is known as software that has speed and accuracy in analyzing. This type of research is a Research and Development (R&D) using the R2D2 research model. After conducting the simulation process of fluid flow analysis. It is known that the modified design of the Ganesha Vehicle Surface Water has a value Coefficient of Drag 0.038 (28%) lower than the standard vehicle design. In comparison, the Ganesha Vehicle Surface Water's modified design has a value Coefficient of Drag 0.139 (38%) lower compared to standard worry designs. The modified Ganesha Surface Water design has received a score percentage of 86% with proper qualifications through expert judgment.Keywords: Aerodynamics; Coefficient of drag; Ganesha surface water; Solidworks software.DAFTAR RUJUKANAbdulah, M. (2016). Analisis Aerodinamis pada Permukaan Urban Concept Car SEM UI: “Kalabiya” dengan CFD. https://mahdiy.wordpress.com/2011/12/26/analisis-aerodinamis-pada-permukaan-urban-concept-car-sem-ui-kalabiya-dengan-cfd/Blocken, B., van Druenen, T., Toparlar, Y., Malizia, F., Mannion, P., Andrianne, T., Marchal, T., Maas, G. J., & Diepens, J. (2018). Aerodynamic drag in cycling pelotons: New insights by CFD simulation and wind tunnel testing. Journal of Wind Engineering and Industrial Aerodynamics, 179(June), 319–337. https://doi.org/10.1016/j.jweia.2018.06.011Daruwedho, H., Sasmito, B., & Amarrohman, F. (2016). Analisis Pola Arus Laut Permukaan Perairan Indonesia Dengan Menggunakan Satelit Altimetri Jason-2 Tahun 2010-2014. Jurnal Geodesi Undip, 5(2), 147–158.Hakim, R., & Nugroho, C. B. (2018). Desain dan Analisa Aerodimanika Dengan menggunakan Pendekatan CFD Desain dan Analisa Aerodimanika Dengan menggunakan Pendekatan CFD Pada Model 3D Untuk Mobil Prototype “ Engku Putri .” Jurnal Integrasi, 8(1 April 2016), 6–11. https://www.researchgate.net/publication/328899414_Desain_dan_Analisa_Aerodimanika_Dengan_menggunakan_Pendekatan_CFD_Pada_Model_3D_Untuk_Mobil_Prototype_Engku_PutriIskandar, A. (2018). Validitas isi menggunakan rumus Gregory. http://akbar-iskandar.blogspot.com/2018/01/validitas-isi-menggunakan-rumus-gregory.htmlMulia, H. (2019). Indonesia Menempati Posisi Ke-2 Penyumbang Sampah Plastik ke Laut. https://asumsi.co/post/indonesia-tempati-peringkat-dua-penyumbang-sampah-plastik-terbanyak-di-lautanPrihadnyana, Y., Widayana, G., & Dantes, K. R. (2017). Analisis Aerodinamika Pada Permukaan Bodi Kendaraan Mobil Listrik Gaski (Ganesha Sakti) Dengan Perangkat Lunak Ansys 14.5. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjtm.v5i2.11246Putra Krisnanandha, V., Dantes, K. R., & Nugraha, I. N. P. (2018). Analisis Aliran Fluida Pada Permukaan Bodi Kendaraan Listrik Ganesha Scooter Underwater Berbasis Software Solidworks. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 6(3), 121. https://doi.org/10.23887/jjtm.v6i3.18583Serana Jaya, G., Dantes, K. R., & Dantes, K. R. (2018). Analisa Pembebanan Statik Pada Rancangan Steering Knuckle Mobil Listrik Ganesha Sakti (Gaski). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 6(2), 88. https://doi.org/10.23887/jjtm.v6i2.14704Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. Dan R&D. Alfabeta.Tegeh, I. M. & I. M. K. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Undiksha.Tuakia, F. (2008). Dasar-dasar CFD Menggunakan FLUENT. INFORMATIKA.Willis, J. (1995). A recursive, reflective Instructional design model based on constructivist-interpretivist theory. Educational Technology Publications, Inc. Technology, 35(6), 5–23. https://www.jstor.org/stable/44428302?seq=1&cid=pdf-reference#references_tab_contents
Pengaruh Kalium Hidroksida Terhadap Emisi Gas Buang Motor Bensin Berbahan Bakar Biogas Firdaus, Ahmad Hanif; Monasari, Ratna; Qosim, Nanang; Astuti, Fina Andika Frida
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptm.v9i1.31545

Abstract

Kebutuhan alat transportasi menjadi sesuatu hal yang sangat penting untuk mendukung peningkatan mobilitas orang, barang, dan jasa di era globalisasi seperti saat ini. Penggunaan alat transportasi berbasis motor bakar dengan bahan bakar fosil sebagai sumber energi utama memberi dampak yang sangat serius jika dibiarkan. Bahan bakar fosil adalah energi tak terbarukan yang jumlahnya di alam pun semakin menipis yang suatu saat akan habis dan jika digunakan dapat menghasilkan emisi gas buang yang dapat merugikan kesehatan dan lingkungan. Saat ini terdapat perkembangan yang cukup signifikan dalam usaha menciptakan dan menemukan bahan bakar alternatif, biogas menjadi salah satunya. Namun, biogas murni yang dihasilkan masih banyak mengandung zat pengotor yang menganggu dalam proses pembakaran sehingga perlu dilakukan pemurnian. Salah satu teknik pemurnian biogas adalah dengan menggunakan larutan Kalium Hidroksida (KOH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek kalium hidroksida terhadap emisi gas buang mesin bensin berbahan bakar biogas. Metode yang digunakan dengan eksperimen secara langsung. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variasi konsentrasi Kalium Hidroksida (KOH) sebesar 5 M, 10 M, dan 15 M pada putaran mesin 5500, 5700, 5900, 6100, 6300 dan 6500 rpm. Variabel terkontrolnya bukaan throttle 100%, waktu pengapian 39° sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan laju alir KOH 1 ml/s, variable terikatnya adalah emisi gas buang CO dan HC. Dari hasil penelitian diketahui bahwa semakin besar konsentrasi KOH yang ditambahkan akan menghasilkan emisi gas buang yang minimal, yaitu pada penambahan KOH dengan konsentrasi 15 M yang menghasilkan emisi gas buang CO sebesar 0,237 (% vol) dan HC 84 (ppm vol).Kata kunci: Biogas; Emisi; Kalium Hidroksida; Mesin Bensin.The use of engine-fuel-based transportation with fossil fuels as the main energy source has a very serious impact. Fossil fuels are non-renewable energy whose numbers in nature are depleting which one day it will run out and if used can produce exhaust gas emissions that can harm health and the environment. Currently there are significant developments in the effort to create and find alternative fuels, biogas being one of them. However, the pure biogas produced still contains many impurities that interfere with the combustion process so that it needs to be purified. One of the biogas purification techniques is by using a solution of potassium hydroxide (KOH). This study aims to determine the effect of KOH on the exhaust gas emissions of biogas fueled otto engines. The method using direct experimentation, independent variable were the variation in the concentration KOH of 5 M, 10 M, and 15 M at engine speed of 5500, 5700, 5900, 6100, 6300 and 6500 rpm. The controlled variables were 100% throttle opening, the ignition time was 39 ° before TDC (Top Dead Centre) and the KOH flow rate was 1 ml / s, the dependent variables were the exhaust emissions of CO and HC. From the results, it is known that the greater the KOH concentration added will produce minimal exhaust gas emissions, namely the addition of KOH with a concentration of 15 M which results in CO exhaust emissions of 0.237 (vol%) and HC 84 (ppm vol). Keywords : Biogas; Emission; Potassium Hydroxide, Otto Engine. DAFTAR RUJUKANAbdussalam., Fernandez, D., & Lapisa, R. (2018). Penggunaan biogas sebagai bahan bakar alternatif pada mesin generator set multi equipment (Me) 1800. Automotive Engineering Education Journals, 2(2), 1-7.Ardhiany, S. (2018). Proses absorbsi gas CO2 dalam biogas menggunakan alat absorber tipe packing dengan analisa pengaruh laju alir absorben NaOH. Jurnal Teknik Patra Akademika, 9(2), 55-65.Fahmayanti, Y., & Abtokhi, A. (2018). The addition effect of NaOH and KOH toward biogas purification. Jurnal Neutrino: Jurnal Fisika dan Aplikasinya, 10(2), 40-44.Hardianto, A., & Hermawan, D. (2019). Pengaruh filterisasi bertingkat larutan KOH, NaOH dan TEA terhadap penurunan prosentase CO2 pada biogas. Jurnal Flywheel, 10(1), 43-54.Hermawan, D., Hamidi, N., & Sasongko, M. N. (2016). Performansi purifikasi biogas dengan KOH based absorbent. Jurnal Rekayasa Mesin, 7(2), 65-73.Hery, A. F., Septiropa, Z., Riansyah, S., & Romadhi, F. (2011). Pemanfaatan biogas/landfillgas sebagai bahan bakar mesin bensin 1 silinder 4 langkah. Jurnal Teknik Industri, 12(2) 162-168.Nurdin, A., & Aries, D. (2018). Review aplikasi bahan bakar biogas pada motor bakar SI (spark ignition). Jurnal SIMETRIS, 9(2), 797-802.Prastya, R., Susilo, B., & Lutfi, M. (2013). Pengaruh penggunaan bahan bakar biogas terhadap emisi gas buang mesin generator set. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem, 1(2), 77-84.Prihutama, F. A., Firmansyah, D. N., Siahaan, K. S. H., & Fahmi, B. (2017). Pemanfaatan biogas sebagai energi alternatif ramah lingkungan daerah Desa Monggol, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. SNITT-Politeknik Negeri Balikpapan, 87-95.Rao, A. B. & Rubin, E. S. (2002). A technical, economic and environmental assessment of amine based carbon capture technology for power plant greenhouse gas control. Environmental Science & Technology, 36(20), 4467-4475Ritonga, A. M., & Masrukhi. (2017). Optimasi kandungan metana (CH4) biogas kotoran sapi menggunakan berbagai jenis adsorben. Jurnal Rona Teknik Pertanian, 10(2), 8-17.Ritonga, A. M., Masrukhi., & Kusmayadi, R. P. (2020). Pemurnian biogas metode adsorpsi menggunakan down-up purifier dengan arang aktif dan silika gel sebagai adsorben. Journal of Agricultural and Biosystem Engineering Research, 1(1), 72-80.Sunaryo. (2014). Uji eksperimen pemurnian biogas sebagai pengganti bahan bakar motor bensin. Jurnal PPKM II, 123-130.Suputra, I. M. T., Nindhia, T. T., & Surata, W. (2017). Pemurnian biogas dari gas pengotor CO2 menggunakan campuran kalium hidroksida padat dengan sekam padi. Jurnal Ilmiah Teknik Desain Mekanika, 6(3), 272-275.Sutanto, R., Alit, I. B., & Rezeki, G. (2016). Pengaruh absorsi gas CO2 dan H2S dalam biogas menggunakan pasta batu apung terhadap peningkatan unjuk kerja motor bakar. Jurnal Dinamika Teknik Mesin, 6(1), 31-37.Suyatno A., & Hermawan, D. (2016). Analisis campuran KOH dan H2O terhadap proses penyerapan CO2 pada biogas hasil ternak dan biogas hasil tempat pembuangan sampah (TPS). Jurnal Widya Teknika, 24(1), 1-5.Van Bhat, R. D., Kuipers, J.A M. & Versteeg, G. F. (2000). Mass transfer with complex chemical reactions in gas-liquid system: two step reversible reactions with unit stoichiometric and kinetic order. Chemical Engineering Journal, 76(2), 127-152.
Pengaruh Jarak Dan Waktu Electroplating Terhadap Laju Deposit dan Korosi Aluminium Alloy Machfuroh, Talifatim; Pradani, Yayi Febdia; Ghufron, Wildanul
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptm.v9i1.32217

Abstract

Aluminium alloy lebih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan aluminium murni dikarenakan sifat aluminium murni yang lunak dan tidak kuat terhadap beban berat. Pada velg mobil aluminium yang digunakan yaitu aluminium yang dicampur dengan mangan lalu dikeraskan agar kuat menahan beban yang diterima. Penggunaan aluminium alloy diperlukan proses electroplating untuk menambah ketahanan korosi, nilai decorative, dan daya tahan gesek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jarak katoda-anoda dan waktu pelapisan pada electroplating terhadap laju deposit dan laju korosi aluminium alloy. Penelitian ini menggunakan eksperimen kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terhadap laju deposit dan laju korosi aluminium alloy meskipun hasilnya tidak signifikan. Nilai laju deposit tertinggi pada kelompok electroplating dengan waktu pelapisan 30 menit dan jarak anoda-katoda 5 cm sebesar 65,1 x 10-5 gr/s, dan nilai laju deposit terendah pada kelompok electroplating dengan waktu pelapisan 60 menit dan jarak anoda-katoda 15 cm sebesar 24,1 x 10-5 gr/s. Nilai laju korosi tertinggi pada kelompok electroplating waktu pelapisan 60 menit dengan jarak anoda-katoda 5 cm sebesar 0,549 mm/year, kemudian nilai laju korosi terendah pada kelompok electroplating waktu pelapisan 30 menit dengan jarak anoda-katoda 15 cm sebesar 0,334 mm/year. Jarak katoda anoda secara parsial berpengaruh terhadap laju deposit dan laju korosi electroplating aluminium alloy.Kata kunci: Aluminium alloy; electroplating; jarak katoda-anoda;Aluminium alloy is more often used in daily life, than pure aluminium because of the soft, lightweight nature of pure aluminium. The aluminium used in the rims of cars mixed with manganese and then hardened to the weight received. Aluminium alloy required an electroplating process to enchane the durability of corrosion, structural value, dan propulsion. This study devoted to seing how distance of an anode catode and the time of extraction on electroplating the deposits and corrosion rates aluminium alloy. The study uses quantitative experiments. The results of these studies indicate an effect on deposits and corrosion rates of aluminium alloy eventhough the results are insignificants. The higher deposit rate on the electroplating with  coating 30 minutes and distance catoda anoda 5 cm is 65,1 x 10-5 gr/s, and the lowest deposit rates on the electroplating with coating 60 minutes and distance catoda anoda 15 cm is 24,1 x 10-5 gr/s. The higher corrosion rate on the electroplating with time coating 60 minutes and distance catoda anoda 5 cm is 0,549 mm/year, and the lowest corrosion rate on the elctroplating with coating 30 minutes and distance catoda anoda 15 cm is 0,334 mm/year. Distance from catoda anoda partial affects of deposit rates and corrosion rates electroplating aluminium alloy.Keywords : Aluminium alloy; distance of catoda anoda; electroplating;  DAFTAR RUJUKANDjunaidi, R., N, S. Z., & Yakub, H. (2018). Analisa Pengaruh Jarak Katoda Anoda Pada Elektroplating Aluminium Terhadap Laju Korosi. TEKNIKA, 145-159.Gunawan, S. (2017). Efek Perlakuan Panas Aging Terhadap Kekerasan Dan Ketangguhan Impak Paduan Aluminium Aa 514.0. TRaKSi 16(1), 42-50.Jamaluddin. (2019). Pengaruh Ketebalan Elektroplating Menggunakan Nikel dan Krom pada Aluminium Alloy 2024 terhadap Laju Korosi. 42-49.Mulyadi, A. T. (2018). Pengaruh Variasi Waktu Elektroplating Tembaga , Nikel Dan Tembaga – Nikel – Ferro Terhadap Laju Korosi Pada Baja Karbon Rendah. Skripsi, 1-37.Randhiko, A. H., & Umardani, Y. (2018). Pengaruh Post Welding Heat Treatment (PWHT) T6 pada Aluminium Alloy 6061-O dan Pengelasan Longitudinal Tungsten Inert Gas terhadap Sifat Mekanik dan Struktur Mikro. Jurnal Teknik Mesin 2(3), 167-174.Saefulloh, Iman, dkk. (2017). Studi Analisa Kuat Arus Proses Elektroplanting Dengan Pelapis Nikel Cobalt Terhadap Kekerasan, Keahanan Korosi, dan Penambahan Tebal Baja Karbon Rendah ST 41. Jurnal Teknik Mesin Untirta, 3 (2).Utomo, R. B., & Alva, S. (2017). Sudi dan Karakterisasi Laju Korosi Logam Aluminium dengan Pelapisan Membran Sol-Gel. Teknik Mesin, 191-198..
Simulasi Pengaruh Waktu dan Gerak Terhadap Desain Implan Sendi Pinggul Putra, Agus Dwi; Rohman, Mojibur; Sulaiman, Mochamad
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptm.v9i1.28885

Abstract

Simulasi desain implan sendi pinggul bertujuan untuk menganalisis total deformasi maksimum, tegangan prinsipal maksimum, dan tegangan geser maksimum dengan kombinasi variasi waktu, gerakan, dan pembebanan. Simulasi memungkinkan suatu objek diujicobakan secara visual sebelum diproduksi sebagai purwarupa. Fungsi dari simulasi adalah untuk meminimalisir terjadinya kegagalan dan untuk memangkas biaya produksi. Sebelum memulai simulasi suatu objek perlu dibuatkan desain. Desain dalam penelitian ini menggunakan software CAD yakni Inventor 2014, sedangkan analisis metode elemen hingga dalam desain implan memanfaatkan simulasi ANSYS 18.1. Analisis metode elemen hingga didasarkan pada aktivitas berjalan, melompat, dan menuruni tangga selama kurun waktu 0 detik hingga 4,5 detik. Hasil simulasi menunjukkan bahwa desain implan sendi pinggul menghasilkan 4079 nodal, 2157 Elemen, dan total deformasi maksimum sebesar 0,097 mm (berjalan), 0,2 mm (melompat), dan 0,11 mm (menuruni tangga). Tegangan prinsipal maksimum adalah 32 MPa (berjalan), 66,96 MPa (melompat), dan 73,93 MPa (menuruni tangga). Tegangan geser maksimum adalah 19,74 MPa (berjalan), 41,28 MPa (melompat), dan 45,58 MPa (menuruni tangga).Kata kunci: simulasi; implan sendi pinggul; metode elemen hingga; Mg Alloy.The simulation of the hip joint implant design aims to analyze maximum total deformation, maximum principal stress, and maximum shear stress with a combination of variations in time, motion and loading. Simulation allows an object to be tested visually before being produced as a prototype. Function of simulation is to minimize the occurrence of failures and to cut production costs. Before starting to simulate an object a design needs to be made. The design in this study used CAD software, namely Inventor 2014, while the finite element method analysis in implant design used ANSYS 18.1 simulation. Finite element method analysis is based on walking, jumping and descending stairs over a period of 0 seconds to 4.5 seconds. Simulation results show that hip joint implant design produces 4079 nodals, 2157 elements, and a maximum total deformation of 0.097 mm (walking), 0.2 mm (jumping), and 0.11 mm (descending stairs). Maximum principal stresses are 32 MPa (walking), 66.96 MPa (jumping), and 73.93 MPa (descending stairs). Maximum shear stresses are 19.74 MPa (walking), 41.28 MPa (jumping), and 45.58 MPa (descending stairs).Keywords : Simulation; Hip Joint Implants; Finite Element Method; Mg AlloyDAFTAR RUJUKANAhmed, A., Hameed, P., Shaikh, F., Hussain, Z., Hussain, N., & Aslam, M. (2017). Simulation tools application for arti fi cial lighting in buildings. Renewable and Sustainable Energy Reviews, August, 0–1. https://doi.org/10.1016/j.rser.2017.10.035Boyd, D. D. (2016). General aviation accidents related to exceedance of airplane weight/center of gravity limits. Accident Analysis and Prevention, 91, 19–23. https://doi.org/10.1016/j.aap.2016.02.019Conlisk, N., Howie, C. R., & Pankaj, P. (2017). Computational modelling of motion at the bone–implant interface after total knee arthroplasty: The role of implant design and surgical fit. The Knee, 24(5), 994–1005. https://doi.org/10.1016/j.knee.2017.07.003Constantinou, M., Loureiro, A., Carty, C., Mills, P., & Barrett, R. (2017). Hip joint mechanics during walking in individuals with mild-to-moderate hip osteoarthritis. Gait and Posture, 53, 162–167. https://doi.org/10.1016/j.gaitpost.2017.01.017Gu, X., Shiflet, G. J., Guo, F. Q., & Poon, S. J. (2005). Mg–Ca–Zn Bulk Metallic Glasses with High Strength and Significant Ductility. Journal of Materials Research, 20(08), 1935–1938. https://doi.org/10.1557/JMR.2005.0245Guo, W., Cui, W., Shi, Y., Liu, J., & Song, B. (2016). Function failure and failure boundary analysis for an aircraft lock mechanism. Engineering Failure Analysis, 70, 428–442. https://doi.org/10.1016/j.engfailanal.2016.10.003Hagihara, K., Shakudo, S., Fujii, K., & Nakano, T. (2014). Degradation behavior of Ca – Mg – Zn intermetallic compounds for use as biodegradable implant materials. Materials Science & Engineering C, 44, 285–292. https://doi.org/10.1016/j.msec.2014.08.037Hutař, P., Poduška, J., Šmíd, M., Kuběna, I., Chlupová, A., Náhlík, L., Polák, J., & Kruml, T. (2017). Short fatigue crack behaviour under low cycle fatigue regime. International Journal of Fatigue, 103, 207–215. https://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2017.06.002Kiani Khouzani, M., Bahrami, A., & Eslami, A. (2018). Metallurgical aspects of failure in a broken femoral HIP prosthesis. Engineering Failure Analysis, 90(November 2017), 168–178. https://doi.org/10.1016/j.engfailanal.2018.03.018Lestari, F. P., Kartika, I., Sriyono, B., Puspiptek, K., Tangerang, S., & Banten, S. (2013). Pengaruh Waktu Milling Pada Paduan Mg-Ca-Zn-CaH 2 Untuk Aplikasi Implan.Liu, X., Guo, J., Bai, C., Sun, X., & Mou, R. (2015). Drop test and crash simulation of a civil airplane fuselage section. Chinese Journal of Aeronautics, 28(2), 447–456. https://doi.org/10.1016/j.cja.2015.01.007Longman, J., Veres, D., & Wennrich, V. (2018). Utilisation of XRF core scanning on peat and other highly organic sediments. Quaternary International, January, 0–1. https://doi.org/10.1016/j.quaint.2018.10.015Meischel, M., Hörmann, D., Draxler, J., Tschegg, E. K., Eichler, J., Prohaska, T., & Stanzl-Tschegg, S. E. (2017). Bone-implant degradation and mechanical response of bone surrounding Mg-alloy implants. Journal of the Mechanical Behavior of Biomedical Materials, 71, 307–313. https://doi.org/10.1016/j.jmbbm.2017.03.025Mutlu, I. (2018). Production and fluoride treatment of Mg-Ca-Zn-Co alloy foam for tissue engineering applications. Transactions of Nonferrous Metals Society of China (English Edition), 28(1), 1–8. https://doi.org/10.1016/S1003-6326(18)64644-8Riccio, A., Cristiano, R., Saputo, S., & Sellitto, A. (2018). Numerical methodologies for simulating bird-strike on composite wings. Composite Structures. https://doi.org/10.1016/j.compstruct.2018.03.018Saini, M. (2015). Implant biomaterials: A comprehensive review. World Journal of Clinical Cases, 3(1), 52. https://doi.org/10.12998/wjcc.v3.i1.52Šamec, B., Potrč, I., & Šraml, M. (2011). Low cycle fatigue of nodular cast iron used for railway brake discs. Engineering Failure Analysis, 18(6), 1424–1434. https://doi.org/10.1016/j.engfailanal.2011.04.002Saulacic, N., Bosshardt, D. D., Bornstein, M. M., Berner, S., & Buser, D. (2012). BONE Apposition To A Titanium-Zirconium Alloy Implant , As Compared To Two Other Titanium-Containing Implants. 273–288.Seguin, C., Blaquière, G., Loundou, A., Michelet, P., & Markarian, T. (2018). Unmanned aerial vehicles ( drones ) to prevent drowning ☆. Resuscitation, 127(January), 63–67. https://doi.org/10.1016/j.resuscitation.2018.04.005Shi, K. K., Cai, L. X., Chen, L., Wu, S. C., & Bao, C. (2014). Prediction of fatigue crack growth based on low cycle fatigue properties. International Journal of Fatigue, 61, 220–225. https://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2013.11.007Yatim, F. (2006). Penyakit Tulang dan Persendian (Arthristis atau Arthralgia). Pustaka Populer Obor.Zameer, S., & Haneef, M. (2015). Fatigue Life Estimation of Artificial Hip Joint Model Using Finite Element Method. Materials Today: Proceedings, 2(4–5), 2137–2145. https://doi.org/10.1016/j.matpr.2015.07.220Zander, D., & Zumdick, N. A. (2015). Influence of Ca and Zn on the microstructure and corrosion of biodegradable Mg-Ca-Zn alloys. Corrosion Science, 93(January), 222–233. https://doi.org/10.1016/j.corsci.2015.01.027 
Jig and Fixture Redesign for Making Reamer on Head Cylinder Tjiptady, Bella Cornelia; Rahman, Rifki Zainur; Meditama, Ratna Fajarwati; Widayana, Gede
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptm.v9i1.32597

Abstract

Proses produksi telah banyak berevolusi dengan diperkenalkannya konsep manufaktur inovatif yang handal. Salah satu komponen mesin yang banyak diproduksi adalah cylinder head. Cylinder head harus tahan terhadap temperatur dan tekanan yang tinggi selama engine bekerja. Oleh sebab itu umumnya cylinder head dibuat dari besi tuang. Kendala yang ada saat ini yaitu proses pembuatan cylinder head kurang efektif dan efisien karena ketika menetapkan sudut untuk membuat reamer berbasis manual, selain itu setting benda kerja tidak otomatis sehingga membutuhkan waktu yang terlalu lama. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan adanya jig dan fixture. Metode penelitian yang digunakan adalah metodologi perancangan fixture (Society of Manufacturing Engineers). Berdasarkan hasil analisis, terdapat kelebihan dari jig dan fixture yang telah dirancang ulang yaitu: 1) memiliki stoper yang berfungsi untuk memberhentikan benda kerja, dengan sudut yang sudah ditentukan sehingga tidak perlu mensetting sudut kembali; 2) tidak mudah bergeser apabila fixture dipasang dan sejajar di meja frais; 3) terdapat dua engsel sehingga lebih balance; 4) pemasangan tidak rumit sehingga tidak memakan banyak waktu dalam pembuatan produk.Kata kunci: Jig and fixture; redesign; head cylinder The production process has evolved a lot with the introduction of innovative reliable manufacturing concepts. One of the engine components that are widely produced is the cylinder head. The cylinder head must withstand high temperatures and pressures while the engine is running. Therefore, generally the cylinder head is made of cast iron. The current constraint is that the cylinder head manufacturing process is less effective and efficient because when setting the angle to make the reamer a manual basis, besides that the workpiece setting is not automatic so it takes too long. The solution to this problem is the presence of jigs and fixtures. The research method used is the fixture design methodology (Society of Manufacturing Engineers). Based on the results of the analysis, there are advantages to the redesigned jig and fixture, namely: 1) it has a stoper which functions to stop the workpiece, at a predetermined angle so that there is no need to set the angle again; 2) it does not move easily when the fixture is installed and parallel to the milling table; 3) there are two hinges so that it is more balanced; 4) installation is not complicated so it does not take much time to manufacture the product.Keywords : Jig and fixture; redesign; head cylinder.  DAFTAR RUJUKAN Basuki, B., Yoto., Suyetno A., & Tjiptady, B. C. (2020). Management Model of Manufacturing Workshop/Laboratory of Vocational Education in the Industry 4.0. 4th International Conference on Vocational Education and Training (ICOVET), Malang, Indonesia, 2020, pp. 127-130, doi: 10.1109/ICOVET50258.2020.9230188. Choong, G. Y. H., Canciani, A., & Defocatiis, D. S. A. (2020). An Adaptable Flexural Test Fixture for Miniaturised Polymer Specimens. Polymer Testing, 85, 106430. doi:10.1016/j.polymertesting.2020.106430 Craig, O., Picavea, J., Gameros, A., Axinte, D., & Lowth, S. (2020). Conformable Fixture Systems With Flexure Pins For Improved Workpiece Damping. Journal of Manufacturing Processes, 50, 638–652. doi:10.1016/j.jmapro.2019.12.045  Fonte, M., Reis, L., Infante, V., & Freitas, M. (2019). Failure Analysis of Cylinder Head Studs of a Four Stroke Marine Diesel Engine. Engineering Failure Analysis. doi:10.1016/j.engfailanal.2019.03.026  Gameros, A., Lowth, S., Axinte, D., Nagy-Sochacki, A., Craig, O., & Siller, H. R. (2017). State-Of-The-Art In Fixture Systems For The Manufacture And Assembly Of Rigid Components: A Review. International Journal of Machine Tools and Manufacture, 123, 1–21. doi:10.1016/j.ijmachtools.2017.07.004 Jing, G. X., Zhang, M. X., Qu, S., Pang, J. C., Fu, C. M., Dong, C., Zhang, Z. F. (2018). Investigation into diesel engine cylinder head failure. Engineering Failure Analysis, 90, 36–46. doi:10.1016/j.engfailanal.2018.03.008  Kamble, V. D., & Mathew, A. T. (2020). Brief Review of Methodologies for Creation of Cohesive Fixture Design. Materials Today: Proceedings, 22, 3353–3363. doi:10.1016/j.matpr.2020.04.285  Kampker, A., Bergweiler, G., Hollah, A., Lichtenthäler, K., & Leimbrink, S. (2019). Design and Testing of The Different Interfaces In A 3D Printed Welding Jig. Procedia CIRP, 81, 45–50. doi:10.1016/j.procir.2019.03.009  Krznar, N., Pilipović, A., & Šercer, M. (2016). Additive Manufacturing of Fixture for Automated 3D Scanning–Case Study. Procedia Engineering, 149, 197–202. doi:10.1016/j.proeng.2016.06.656  Kumar, S., Campilho, R. D. S. G., & Silva, F. J. G. (2019). Rethinking Modular Jigs’ Design Regarding the Optimization of Machining Times. Procedia Manufacturing, 38, 876–883. doi:10.1016/j.promfg.2020.01.169 Lu, R., Li, Y.-C., Li, Y., Jiang, J., & Ding, Y. (2020). Multi-agent Deep Reinforcement Learning Based Demand Response for Discrete Manufacturing Systems Energy Management. Applied Energy, 276, 115473. doi:10.1016/j.apenergy.2020.115473  Ma, S., Zhang, Y., Yang, H., Lv, J., Ren, S., & Liu, Y. (2020). Data-driven Sustainable Intelligent Manufacturing Based on Demand Response for Energy-Intensive Industries. Journal of Cleaner Production, 123155. doi:10.1016/j.jclepro.2020. 123155 Marsono, Yoto, Sutadji E., & Tjiptady, B. C. (2020). Career Development and Self-Efficacy Through Industrial Working Practice in Vocational Education," 4th International Conference on Vocational Education and Training (ICOVET), Malang, Indonesia, 2020, pp. 1-4, doi: 10.1109/ICOVET50258.2020.9230111 Nee, A. Y. C., Bhattacharyya, N., & Poo, A. N. (1987). Applying AI in Jigs and Fixtures Design. Robotics and Computer-Integrated Manufacturing, 3(2), 195–200. doi:10.1016/0736-5845(87)90102-5 Qolik, A., Nurmalasari, R., Yoto., & Tjiptady, B. C. (2020). The Role of Special Job Fair in Distributing Competitive Graduates in the 21st Century. 4th International Conference on Vocational Education and Training (ICOVET), Malang, Indonesia, 2020, pp. 115-118, doi: 10.1109/ICOVET50258.2020.9230064 Schuh, G., Bergweiler, G., Lichtenthäler, K., Fiedler, F., & Puente, R. S. (2020). Topology Optimisation and Metal Based Additive Manufacturing of Welding Jig Elements. Procedia CIRP, 93, 62–67. doi:10.1016/j.procir.2020.04.066  Seloane, W. T., Mpofu, K., Ramatsetse, B. I., & Modungwa, D. (2020). Conceptual Design of Intelligent Reconfigurable Welding Fixture for Rail Car Manufacturing Industry. Procedia CIRP, 91, 583–593. doi:10.1016/j.procir.2020.02.217 Siva, R., Siddardha, B., Yuvaraja, S., & Karthikeyan, P. (2020). Improving the productivity and tool life by fixture modification and renishaw probe technique. Materials Today: Proceedings, 24, 782–787. doi:10.1016/j.matpr.2020.04.386  Tjiptady, B. C., Rohman, M., Sudjimat, D. A., Ratnawati, D. (2020). Analisis Tegangan, Deformasi, dan Retak Pada Gas Turbine Blade dengan Metode Elemen Hingga. Jurnal Taman Vokasi. Vol 8, (2). doi : 10.30738/jtv.v8i2.8425 Tjiptady, B. C., Yoto., & Marsono. (2020). Entrepreneurship Development Design based on Teaching Factory to Improve the Vocational Education Quality in Singapore and Indonesia, 4th International Conference on Vocational Education and Training (ICOVET), Malang, Indonesia, pp. 130-134, doi: 10.1109/ICOVET50258.2020.9230222 Tohidi, H., & Algeddawy, T. (2016). Planning of Modular Fixtures in a Robotic Assembly System. Procedia CIRP, 41, 252–257. doi:10.1016/j.procir.2015.12.090 Vijaya, R. B., Elanchezhian, C., Rajesh, S., Jaya, P. S., Kumaar, B. M., & Rajeshkannan, K. (2018). Design and Development of Milling Fixture for Friction Stir Welding. Materials Today: Proceedings, 5(1), 1832–1838. doi:10.1016/j.matpr.2017.11.282  
Perbandingan Efisiensi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Kendaraan Teknologi VVT-I Dengan Dual VVT-I Prasetyo, Imam; Saputro, Yoyo; Khalilullah, Aulia Rafif
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptm.v9i1.31385

Abstract

Belakangan ini pabrikan berlomba lomba melakukan penelitian untuk mendapatkan mesin kendaraan yang lebih efisien, ramah lingkungan namun tetap bertenaga. Salah satu teknologi yang ideal adalah teknologi VVT-I dengan melakukan pengaturan overlapping pada katup intake. Pada perkembangan nya katup exhaust juga di pasangkan teknologi pengaturan katup, biasa di kenal dengan Dual VVT-I, teknologi Dual VVT-I melakukan overlapping pada katup intake dan exhaust sehingga di klaim lebih efisien dan ramah lingkungan dari VVT-I. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan efisiensi bahan bakar, dan perbandingan emisi gas buang CO dan HC kendaraan teknologi VVT-I dengan Dual VVT-I. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat gas analyzer untuk mengetahui nilai konsentrasi CO dan HC, sedangkan untuk pengujian efisiensi bahan bakar menggunakan metode full to full untuk mengetahui komsumsi bahan bakar km/liternya. Berdasarkan hasil pengujian, kendaraan Dual VVT-I memiliki keunggulan konsumsi bahan bakar lebih irit 0,38 liter atau setara 1,17 Km/L di banding kendaraan dengan VVT-I. Sedangkan pada pengujian emisi gas buang kendaraan dengan Dual VVT-I menghasilkan kadar emisi gas buang CO dan HC yang lebih baik di banding kendaraan dengan VVT-I. Kata kunci: VVT-I, Dual VVT-I, Efesiensi, Emisi Gas BuangRecently, manufacturers are competing to conduct research to get a vehicle engine that is more efficient, environmentally friendly but still powerful. One of the ideal technologies is the VVT-I technology by adjusting the overlapping of the intake valves. In its development, the exhaust valve has also been fitted with valve control technology, commonly known as the Dual VVT-I, the Dual VVT-I technology overlaps the intake and exhaust valves so that it is claimed to be more efficient and environmentally friendly than VVT-I. The purpose of this study was to determine the difference in fuel efficiency, and the comparison of exhaust emissions from CO and HC from VVT-I technology vehicles with Dual VVT-I technology. Testing is done using a gas analyzer to determine the value of CO and HC concentrations, while for testing fuel efficiency using the full to full method to determine fuel consumption km / liter. Based on the test results, the Dual VVT-I vehicle has the advantage of more efficient fuel consumption of 0.38 liters or the equivalent of 1.17 Km / L compared to vehicles with VVT-I. Meanwhile, testing vehicle exhaust emissions with Dual VVT-I resulted in better CO and HC emission levels compared to vehicles with VVT-I.Keywords : VVT-I, Dual VVT-I, Efficiency, Exhaust Emission  DAFTAR RUJUKAN Bakeri, M., & Syarief, A. (2012). Analisa Gas Buang Mesin Berteknologi EFI dengan Bahan Bakar Premium. INFO TEKNIK, 13(1), 81–90.Maulana, A. (2016). Mengenal Mesin Dual VVT-I. Otomania.Com. https://otomania.gridoto.com/read/241177243/mengenal-teknologi-mesin-dual-vvt-iMunthe, I. (2019). Perbandingan Emisi Gas Buang Mesin Berteknologi VVT-I dan Non VVT-i. PISTON, 4(1), 13–21.Nugroho, R. B. (2019). Perbedaan Teknologi Katup VVT-I dan VTEC Untuk Meningkatkan Efisiensi Mesin. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 8(2), 2019. https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2004.3.66178Prasetyo, I., & Fahrurrozi, M. (2020). Penggunaan Catalytic Converter dari Bahan Kuningan dengan Ketebalan 0 , 2 mm terhadap Emisi Gas Buang Kendaraan pada Motor 2 Tak. Accurate, 1(2), 1–5.Prihartono, J. (2020). Perbedaan Pengaruh Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektrik Dengan dan Tanpa Dilengkapi Sistem Pengaturan Waktu Buka Tutup Katup, Terhadap Peforma Mesin, Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang. PRESISI, 22(1), 10–17.Sianturi, T. A., & Tarigan, K. (2020). Pengaruh Celah Katup Terhadap Daya Mesin Pada Mobil Toyota Kijang Inova. Jurnal Teknologi Mesin UDA, 1(1), 23–39.Sitorus, T. B. (2009). Tinjauan Teoritis Performansi Mesin Berteknologi VVT-i. Jurnal Dinamis, I(5), 19–29.Surbakti, A. (2009). Perbandingan Antara Mesin Bensin Yang Berteknologi VVT-1 Dengan Platina Selesai. JURNAL ILMIAH CORE IT, 4, 86–89.Toyota Indonesia. (2018). Teknologi Dual VVT-I Toyota. https://www.toyota.co.id/news-and-update/toyotas-dual-vvti-technology?lang=idWahyu, M., & Rahmad, H. (2017). Rekayasa Uji Konsumsi Biogasoline Kendaraan VVT-I dan Dual VVT-I. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Terapan, 5, 56–63. 
Peningkatan Laju Pendinginan Ruangan Dengan Media Pendingin Kombinasi Udara Dan Air Disisi Kondensor Pada Mesin Pendingin Tipe Split Air Conditioning Wiratmaja, I Gede; Dantes, Kadek Rihendra; Artha, Edy Agus Juny
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptm.v9i1.33220

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang bertujuan untuk mendapatkan data- data performansi mesin pendingin antara AC Split dengan kondensor berpendingin udara dan dengan kondensor berpendingin kombinasi udara dan air sehingga dari perbandingan data ini dapat memberikan gambaran mengenai pengaruh penggunaan media pendingin air terhadap peningkatan performansi mesin pendingin. Secara khusus tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variasi media pendingin disisi kondensor AC Split yang pada akhirnya mengarah kepada usaha untuk menjaga performansi mesin pendingin dan memperpanjang usia pemakaian (lifetime). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimental dimana proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian diskriptif kuantitatif dimana data hasil penelitian akan ditabulasikan serta ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik serta dilakukan analisis data untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media pendingin air yang dikombinasikan dengan udara disisi kondensor terhadap performansi dari suatu mesin pendingin. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil berupa laju pendinginan ruangan  tertinggi terjadi pada mesin pendingin dengan kondensor berpendingin kombinasi udara dan air, dimana terjadi peningkatan laju pendinginan ruangan sebesar 70 % jika dibandingkan dengan laju pendinginan ruangan menggunakan mesin pendingin dengan kondensor berpendingin udara saja.Kata kunci: Pengkondisian udara, Laju Pendinginan Ruangan, Media Pendingin, Pelepasan Kalor, Kondensor. This research is an experimental study that aims to obtain data on the performance of cooling machines between Split air conditioning and air-conditioned condensers and with air and water combination refrigerated condensers so that from the comparison of this data can provide an idea of the effect of water cooling media use on the performance of cooling machines. In particular, the purpose of this study was to determine the effect of variations in cooling media on the side of split air conditioning condensers which ultimately led to efforts to maintain the performance of the cooling machine and extend the lifetime.The method used in this study uses experimental methods in which the data collection process is carried out through observation and documentation. The data analysis techniques used in this study use a scripted research technique in which the data of the results of the study will be tabulated and displayed in the form of tables and graphs and continue to data analysis to find out how much influence the use of water cooling media combined with condenser-side air on the performance of a cooling machine. From the research that has been done obtained the results in the form of the highest cooling rate of the room occurred in the cooling machine with a cooling condenser combination of air and water, where there was an increase in the cooling rate of the room by 70 % when compared to the cooling rate of the room using an air conditioning machine with an air-conditioned condenser. Keywords: Air Conditioning, Air Cooling Rate, Cooling Media, Heat  Release, Condenser.DAFTAR RUJUKANAbdi Pranata, I. G., Dantes, K. R., & Pasek Nugraha, I. N. (2019). Studi Komparasi Perbandingan Air Dan Udara Sebagai Media Pendingin Kondensor Terhadap Pencapaian Suhu Optimal Siklus Primer Pada Prototipe Water Chiller. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 7(1), 18. https://doi.org/10.23887/jjtm.v7i1.18754Algawe, K. ., Matey, M. ., & Gudadhe, N. . (2013). Experimental Analysis of Window Air Conditioner using Evaporative Cooling. International Journal Of Engineering Research & Technology (IJERT), 2(3), 1–10.Asroni, M., Widodo, B., & Bakti, D. (2015). Kaji Eksperimental Karakteristik Termodinamika Dari Pemanasan Refrigerant 12 Terhadap Pengaruh. Jurnal Flywheel, 6(September), 41–46.Bharambe, S., Mulay, S., & Jadhav, S. (2017). Design and Analysis of Water Cooled Condenser. International Journal of Mechanical Engineering, 4(6), 1–5. https://doi.org/10.14445/23488360/ijme-v4i6p101Ridhuan, K., & Angga, I. G. (2015). Pengaruh Media Pendingin Air Pada Kondensor Terhadap Kemampuan Kerja Mesin Pendingin. Turbo, 3(116), 1–6.Saksono, P. (2012). Analisis Pengaruh Gangguan Heat Tansfer Kondensor Terhadap Performansi Air Conditioning. 4(1), 39–43.Setyawan, D. L., Widodo, E., & Hasby, R. (2016). Analisis Variasi Media Pendingin Kondensor Terhadap Rasio Pelepasan Kalor Dan Coefisien Of Performance ( COP ) Pada Mesin Pendingin. Jurnal Rotor, 2(2), 18–22.Singh, M., Rai, B., & Vasudev, V. (2016). A Study on Performance Comparison of Air Cooled and Water Cooled Condenser in Vapour Absorption and Compression Refrigeration Systems. Internatonal Journal of Innovative Science, Engineering & Technology, 3(4), 462–468.Sukri, M. F., Lokman, R., Muhajir, A., Wasbari, F., Damanhuri, A. A. M., & Sumeru, K. (2020). The effect of condensate water on the performance of automotive air conditioning system under difference evaporator air inlet temperature. International Journal of Nanoelectronics and Materials, 13(Special Issue ISSTE2019), 85–94.Zhu, X., Wu, J., Lin, B., Tan, Y., Huang, C., Li, H., Cao, L., & Liu, Z. (2015). Air-conditioning condenser integrated with a spray system utilizing condensate water. ASTRU Innovative Power Engineering Conference.

Page 1 of 1 | Total Record : 8